Rabu, 19 September 2012

syarat masugh perguruan tinggi kedinasan


INFORMASI
PERGURUAN TINGGI KEDINASAN
AKADEMI IMIGRASI
            AIM adalah pendidikan kedinasan yang setara DIII dibawah Depkehham RI. AIM didirikan pada tahun 1962 dan sempat terhenti selama 23 tahun yang kemudian difungsikan kembali pada tahun 2000.AIM mendidik lulusan SMU dan yang sederajat untuk menjadi "pengawal pintu gerbang negara".
                                        
                                                  Syarat Pendaftaran

1.Lulusan SMU sederajat.
2. WNI umur min. 18 tahun max. 22 tahun pada tanggal yang ditentukan kemudian.
3. Tinggi min. 170 cm (pria) 160 cm (wanita) berat badan seimbang.
4. Rata-rata nilai NEM 6, rata-rata STTB 7, nilai Bahasa Inggris di rapot terakhir            min(7)               
5. Tidak berkacamata, tidak buta warna, sehat jasmani dan rohani.
6. Tidak ada tato, bekas tato, tidak ada tindikan, dan bekas tindikan (pria).
7. SKKB dari kepolisian.
8. Surat keterangan belum menikah dari kelurahan.
9. Bebas HIV, Narkoba (hasil lab.).
10. Berparu-paru sehat (hasil rontgen).
11. Mempunyai sertifikat komputer dan bahasa inggris.

Pendidikan
Pendidikan dilaksanakan selama 3 tahun yang diawali Pendidikan Dasar Kemiliteran di Bumi Marinir Cilandak selama 3 minggu yang dilanjutkan dengan masa basis yaitu persiapan dan pengenalan kehidupan Taruna kepada Calon Taruna di Kampus Pengayoman selama 3 bulan. Seluruh Taruna diasramakan dengan fasilitas yang disediakan sebagai saran kegiatan para Taruna. Pada setiap akhir semester dilaksanakan PKL di kantor-kantor Imigrasi dan Unit Pelaksana Teknis.
Ujian Penyaringan
Ujian dilakukan dengan menggunakan sistem gugur yang meliputi :
1. Tes administrasi.
2. Tes akademis.
3. Tes kesehatan dan jasmani (Samapta).
4. Psikotest.
5. Tes Komputer dan Bahasa Inggris.
6. Wawancara.
7. Pantukhir.
Praktek Kerja
Praktek dilaksanakan dalam 3 tahap :
Tahap I : Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) dilakukan pada akhir semester 2.
Tahap II : Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan pada akhir semester 4.
Tahap III : Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dilaksanakan pada akhir semester 6.
Pendaftaran
Informasi waktu dan tempat pendaftaran dapat diperoleh di Pusdiklat Departemen Kehakiman dan HAM RI, Jalan Raya Gandul Cinere, Jakarta Selatan (tidak dapat diterangkan dalam situs ini)
BADAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN PELAYARAN
POLITEKNIK ILMU PELAYARAN
(PIP/BPLP)
                    TEMPAT PENDIDIKAN DAN ASRAMA
1. PIP/BPLP Semarang
2. PIP/BPLP Palembang
3. PIP/BPLP Makassar
                                PERSYARATAN UMUM
     1. Syarat-syarat pendaftaran :
· WNI yang bertaqwa kepada Tuhan YME
· Umur max 23 tahun pada saat pendaftaran
· Tinggi min 165 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita
· Berkelakuan baik dan bebas narkotik
· Berbadan sehat
· Nem min 3 untuk Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris
· Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
· Membayar uang pendaftaraan
· Lulus seleksi adminitrasi, akademik, kesehatan, pykotest dan wawancara
                            PERSYARATAN KHUSUS
No. DIKLAT, JENJANG, PERSYARATAN
1. Nautika (Kenahkodaan) , D IV ,
SMU/MA IPA, STM Listrik/Mesin/ Elektronika, SMT Penerbangan
2. Teknika , D IV ,
SMU/MA IPA, STM Listrik/Mesin/Elektronika, SMT Penerbangan,
3. Tata Laksana , D IV ,
| SMU/sederajat
                                CARA PENDAFTARAN
Mengisi fomulir pendaftaran dengan melampirkan :
1. Fotokopi NEM dan Ijazah SMU/sederajat yang telah dilegalisir
2. Keterangan dokter berbadan sehat/tinggi badan
3. SKKB dari Kepolisian Resort setempat
4. Surat Keterangan belum menikah dari kelurahan
5. Fotokopi Akte Kelahiran yang sudah dilegalisir
6. Tanda pembayaran pendaftaran
7. Pas foto terbaru
8. Waktu dan Tempat Pendaftaran :
a. Waktu pendaftaran setiap tahun ajaran baru bulan Juni
b. Tempat pendaftaran :
· Kanwil Departemen Perhubungan, Jalan Jemur Andayani 6 (dekat BRI A.Yani) untuk wilayah Jawa timur
                                    SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA
CURUG - TANGERANG
SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA
P.O.Box 509 TANGERANG 15001
Telp.(021) 5982203-5982204-5982205
Fax. (021)5982234
E-mail : stpi@stpicurug.ac.id
Website : http://www.stpicurug.ac.id
SEJARAH
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) adalah berawal dari Akademi Penerbangan Indonesia (API) yang didirikan tanggal 1 Juni 1952 di Gempol, Kemayoran Jakarta. Seiring dengan perkembangan teknologi penerbangan dan kebutuhan industri penerbangan, API beberapa kali mengalami perubahan baik nama maupun statusnya antara lain :
Ø 1954 : API pindah ke Curug Tangerang, Banten.
Ø 1969 : API berubah nama menjadi lembaga pendidikan perhubungan udara (LPPU) dibawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.
Ø 1978 : LPPU berubah menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP) dibawah Badan Pendidikan dan Latihan Perhubungan.
Ø 2000 : (10 Maret ) PLP berubah menjadi STPI.
LOKASI
Kampus STPI terletak di dalam kompleks bandar Udara Budiarto meliputi empat desa yaitu Serdang Wetan, Rancagong, Kamuning dan Palasari Kecamatan Legok Kawedanan Curug Kabupaten Tangerang Propinsi Banten yang luasnya sekitar 545 hektar.
VISI DAN MISI
Visi STPI adalah menghasilkan lulusan yang diakui secara nasional dan interasional untuk menuju pusat unggulan yang berstandar internasional sedangkan misinya adalah menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta penelitian teknologi terapan di bidang penerbangan dalam rangka mencerdaskan bangsa dengan menciptakan SDM penerbangan yang memiliki iman dan taqwa, berkualitas internasional, mampu bersaing, mandiri dan profesional.
PROGRAM STUDI
Program studi yang diselenggarakan di STPI terdiri atas dua kelompok utama yaitu diklat awal (program diploma) dan diklat khusus (keahlian). Diklat awal dilaksanakan berdasarkan satuan kredit semester mulai dari satu tahun sampai dengan empat tahun sedangkan diklat khusus (non diploma) mulai dari beberapa hari sampai beberapa minggu atau bulan antara lain :






Diklat Umum
No
DIKLAT
JENJANG
PERSYARATAN
1.
Penerbang
Penerbang sayap tetap
Penerbang Sayap Putar
Operasi Pesawat Udara
D-II, III dan IV
D-II & D-III
D-III
SMA A1, A2 /IPA/ MA A1,A2,A3,STM Listrik/Mesin/Elektronika,SMT Penerbangan
s.d.a
SLTA atau yang sederajat
2.
Teknik Penerbangan
Teknik Pesawat Udara
Teknik Radio/ Navigasi Udara
Teknik Listrik Bandar Udara
Teknik Mekanikal Bandar Udara
Teknik Bangunan dan Landasan
D-II, III dan IV
D-I, II, III dan IV
D-I, II, III & IV
D-II dan III
D-II dan III
SMA, A1,A2,/ IPA/ MA A2, A3
STM Listrik/ Mesin/ Elektronika, SMT Penerbangan
s.d.a
SMA A1,A2/ IPA
MA A2,A3
STM Listrik/ Mesin
SMT Penerbangan
s.d.a
s.d.a/ STM Bangunan
3.
Keselamatan Penerbangan
Pemandu Lalu Lintas Udara
Penerangan Aeronautika
Komunikasi Penerbangan
Pertolongan Kecelakaan Penerbangan
D-II, III, & IV
D-II dan III
D-II
D-II dan III
SMA A1,A2/ IPA
MA A2,A3
SLTA/Sederajat
s.d.a
s.d.a
4.
Manajemen Penerbangan
Administrasi Perhubungan Udara
Operasi Bandar Udara
Angkutan Udara Niaga

D-III
D-III
D-III

s.d.a
s.d.a
s.d.a















Diklat Khusus
No
DIKLAT
LAMA
1.
Pendidikan Penerbang
Comersial Pilot License (Non Diploma)
Airline Transport Pilot License (ATPL) Ground
Matrikulasi (untuk PNB lulusan LN)
Flight Instructor
Flight Operation Officer
12 – 18 bulan
3 bulan
1 – 3 bulan
3 bulan
3 bulan
2.
Teknik Penerbangan
Ahli Perawatan Pesawat Udara (APPU)
Airframe and Power Plant (A&P)
Basic Aircraft Mechanics (BAM)
Basic Aviation Technical Knowledge (BATK)
Sheet Metal
Digital Technique
Radar Technique
D-VOR/ILS
Dan lain-lain
2 – 3 bulan
2 – 3 bulan
3 bulan
3 bulan
3 bulan
3 bulan
3 bulan
3 bulan
-
3.
Keselamatan Lalu Lintas Udara
ATC Radar
ATC Automation
PANS-OPS
Company Aviation Information Service
Briefing Practice
Basic Fire Fighting
Advanced Fire Fighting
Type Rating (Driving)
Dan lain-lain
3 bulan
3 bulan
3 bulan
4 minggu
3 bulan
3 bulan
3 bulan
3 minggu
-
SARANA DAN PRASARANA
1. Umum
Sarana umum terdiri antara lain gedung perkantoran utama; laboratorium bahasa; asrama berkapasitas 1117 taruna; ruang makan berkapasitas 450 kursi; perpustakaan; rumah sakit berkapasitas 20 tempat tidur; fasilitas olahraga yang meliputi gedung serbaguna, lapangan bola voli, bola basket, sepak bola, tenis lapangan, kolam renang,dll; masjid berkapasitas 600 orang; gereja berkapasitas 50 orang; tenaga listrik berkapasitas 700 kV dan perumahan sebanyak 139 plus mess/wisma berjumlah 48 kamar.
2. Pendidikan Penerbang
Fasilitas pendidikan penerbang antara lain pesawat bermesin tunggal berjumlah 49 buah dan jenis Sundowner BE-23, Tomahawk PA-38-112, Piper Dakota PA-28-236, Socata TB-10 dan TB 700; Pesawat bermesin ganda berjumlah 11 buah dari jenis Beechcraft Baron BE-55 dan BE-58; Satu buah helikopter Bell-206; Simulator sebanyak 12 buah dari jenis Beechcraft, Socata, ATC 710 dan GAT 1; Laboratarium Radiotelephony dan ruang kelas sebanyak 9 ruangan.

3. Pendidikan Teknik Penerbangan
Pendidikan teknik penerbangan memiliki antara lain bengkel dan laboratarium sheet metal, GWS, gas turbine, menggambar teknik, instrument, hydraulic, welding, elektronika, digital dan analog, DME, VOR, Tx/Rx, mesin listrik, instrumen listrik, sistem pendingin, penerangan bandara, instalasi, fisika, komputer, baterai, genset otomatis, dan ruang kelas sebanyak 19 ruangan.
4. Pendidikan Keselamatan Penerbangan
Fasilitas pendidikan keselamatan penerbangan antara lain laboratarium junior ATC, senior ATC, radar ATC, AMSC dan komputer; kendaraan pertolongan kecelakaan penerbangan dan ruang kelas sebanyak 11 ruangan.
5. Manajemen Penerbangan
Fasilitas pendidikan manajemen penerbangan antara lain laboratorium komputer dan ruang kelas sebanyak 3 ruang.
PENYELENGGARAAN DIKLAT
Penyelenggaraan diklat meliputi kegiatan akademik, pembinaan moral dan mental serta pengembangan kreativitas antara lain :
1. Pembinaan mental
Masa dasar pembinaan mental dan orientasi matra dirgantara (MADABINTAL dan ORMATDIRGA) berlangsung selama dua minggu yang berisi kegiatan PBB dan PPM; pengenalan lingkungan kampus; pengenalan matra dirgantara; pembekalan tata kehidupan asrama; penjelasan tata tertib dan lain-lain.
2. Pembinaan Disiplin
Pembinaan disiplin taruna dengan menggunakan instrumen peraturan tata tertib taruna (PTTT) dengan sistem angka kesalahan. Apabila taruna melakukan kesalahan akan diberi sanksi berupa angka dengan rentangan 1 sampai 100. Setelah melalui pentahapan peringatan yaitu peringatan pertama (angka 25), kedua (angka 50), dan ketiga (angka 75) maka taruna dapat diberhentikan dari pendidikan jika angka kesalahannya mencapai 100 atau lebih.
3. Pendidikan dan pelatihan
Kegiatan dikklat terdiri dari berbagai macam kegiatan tergantung dari jenis atau program yang antara lain (a) teori dan praktek di STPI; (b) praktek lapangan di bandar udara di seluruh Indonesia/perusahaan penerbangan/ instansi lainnya dan (c) terbang cross country bagi penerbang.
4. Pengembangan kreativitas
Kegiatan pengembangan kreativitas taruna meliputi kegiatan antara lain: (a) marching/drum band; (b) Band/musik; (c) aeromodelling; (d) olahraga dan lain-lain.

KURIKULUM
STPI yang melaksanakan Pendidikan Propesional dimana kurikulum yang ditetapkan telah disetujui dan disahkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dan mengacu kepada beberapa sumber serta meliputi antara lain :
1. Diklat Awal
a. Mata Kuliah Umum (MKU) yaitu mata kuliah wajib yang ditentukan oleh departemen Pendidikan nasional;
b. Mata Kuliah dasar keahlian (MKDK) yaitu mata kuliah yang ditentukan oleh dan sesuai dengan kebutuhan Departemen Perhubungan (termasu Direktorat Jendral Perhubungan Udara);
c. Mata Kuliah Keahlian (MKK) yaitu mata kuliah yang mengacu kepada kurikulum yang ditetapkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional dan sesuai dengan kebutuhan Departemen (termasuk Direktorat Jendral Perhubungan Udara).
2. Diklat Khusus
Kurikulum untuk diklat khusus disesuaikan dengan instansi/sponsor yang bersangkutan setelah mendapatkan pengesahan dari LAN, Ditjen Perhubungan Udara dan Badan Diklat Perhubungan.
PENERIMAAN TARUNA
Penerimaan taruna STPI terdiri dari beberapa macam yaitu :
1. Taruna Diklat Awal (calon berasal dari lulusan SLTA)
Penerimaan calon taruna diklat awal dilaksanakan secara terpadu bersamaan dengan diklat-diklat yang lain yang ada di lingkungan Badan Diklat Perhubungan dengan persyaratan umum antara lain :
(a) WNI;
(b) Usia maksimum 23 tahun dengan bukti akte kelahiran yang telah dilegalisir;
(c) Berkelakuan baik dinyatakan oleh SKKB;
(d) Belum pernah kawin dan sanggup tidak akan kawin selama pendidikan dinyatakan dengan surat keterangan dari Kelurahan;
(e) Sehat jasmani, rohani, bebas narkoba, tidak berkacamata ,dan tidak buta warna;
(f) Tinggi badan Pria/wanita adalah minimal 165/163 cm untuk penerbang dan 163/157 cm untuk non penerbang;
(g) NEM minimal untuk Matematika, Fisika, Bahasa Inggris adalah minimal 3,00 dengan bukti fotocopy NEM dan STTB yang telah dilegalisir.
2. Taruna Diklat Awal (calon dari instansi pemerintah/swasta) dan Diklat Khusus.
3. Seleksi penyaringan calon taruna terdiri dari tes akademis (matfisbig), tes kesehatan, psikotest, wawancara, dan pantukhir.
4. Pendaftaran calon taruna diadakan selama bulan Juni dilaksanakan oleh STPI Bekerjasama dengan instansi/sponsor yang bersangkutan dengan mengikuti peraturan yang telah ditentukan. Prosesi pendaftaran dimulai dengan pengambilan formulir, pembayaran biaya pendaftaran di rekening bank yang ditunjuk, dan pengembalian formulir.
Pusat Informasi dan Pendaftaran
(wilayah Jatim)
Kanwil Departemen Perhubungan
Jl.Jemur Andayani 6 Suurabaya
(dekat BRI A.Yani)
             AKADEMI ILMU PEMASYARAKATAN
                              ( AKIP )


Departemen Kehakiman dan HAM RI tahun anggaran 2002 memberi kesempatan kepada pemuda/pemudi WNI untuk mengikuti pendidikan pada AKIP, dengan persyaratan sebagai berikut :
1. Pria/wanita.
2. Pendidikan SMU/sederajat dengan nilai STTB rata-rata 7 (tujuh), dan atau Danem rata-rata 6 (enam).
3. Umur pada tanggal 1 September 2002 serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 25 tahun.
4. Tinggi badan sekurang-kurangnya pria 165 cm , wanita 160 cm, dan berat seimbang.
5. Berbadan sehat, tidak cacat, tidak berkacamata, tidak buta warna dibuktikan dengan surat keterangan dokter.Bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, dan paru-paru sehat, dibuktikan dengan surat keterangan dokter dan keterangan hasil rontgen.
6. Tidak bertato/bekas tato, tidak ada lubang dan bekas lubang anting-anting (untuk pria).
7. Berkelakuan baik dengan bukti SKKB dari kepolisian.
8. Belum menikah dibuktikan dengan keterangan RT/RW, Lurah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan.
9. Tidak terikat dengan instansi lain baik pemerintah maupun swasta.
10. Bersedia ditempatkan di UPT Pemasyarakatan diseluruh Indonesia.
11. Lulus seleksi/ujian dengan sistem gugur yang terdiri dari:
11.1. Lulus ujian tertulis Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum.
11.2. Ujian kesehatan dan ujian Olah Raga.
11.3. Psikotest.
11.4. Wawancara, peragaan dan penentuan tahap akhir (Pantukhir)
12. Mengingat jumlah yang diterima hanya 60 orang, maka calon yang lulus seluruh ujian/seleksi dan memiliki ketrampilan(kesenian, komputer, bahasa inggris, olah raga beladiri, dll) lebih diutamakan.
13. Khusus Capeg/pegawai pemasyarakatan pangkat setinggi-tingginya pengatur muda Tk. I (II/b) dan umur setinggi-tingginya 26 tahun, serta tidak terdapat catatan cela sesuai PP 30 th 1980, dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan unit kerja.
14. Membuat dan mengisi formulir pernyataan dan melengkapi surat-surat keterangan lainnya (temasuk butir 5) sebelum dinyatakan sebagai calon taruna.
15. Tempat dan waktu pendaftaran:
15.1. Tempat pendaftaran : AKIP Pusdiklat Depkehham, Jl. Raya Gandul Cinere Jakarta Selatan.
15.2. Alamat lamaran/pandaftaran ditujukan kepada Menkehham RI, ditulis tangan dengan tinta hitam, ditanda tangani di atas materai Rp. 6000,00 tunggal, dilampiri persyaratan 2 dan 4 (diukur) 5 dan 6 (dicek), 7,8,9,12, pas foto hitam putih 3x4 cm 2 lembar dan khusus Capeg/Pegawai ditambah butir 13.
15.3. Berkas dimasukkan dalam stofmap folio warna hijau muda untuk umum, warna merah muda untuk Capeg/Pegawai, dan ditulisi nama, alamat lengkap dan telepon.
15.4. Waktu pendaftaran setiap hari kerja dimulai tanggal 19 Agustus s/d 23 Agustus 2002 pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB (Hari Jum'at di sela sholat Jum'at).





STAN


Pendaftaran STAN 2012/2013

Aku sudah menulis Tips dan Trik mengerjakan soal soal stan. Klik disini untuk mendownloadnya. Klik.
Bila kamu membutuhkan Buku STAN yang terbaru langsung dari mahasiswa STAN Jakarta (paling murah di pasaran), silahkan klik ini.
Butuh rekomendasi bimbingan belajar intensif STAN, silahkan klik ini ya.
Informasi Pendaftaran STAN 2012/2013 resmi belum ada dari STAN. Informasi Pendaftaran biasanya diberikan 1 bulan sebelum pendaftaran, sekitar bulan Juni. Dan Pendaftaran STANnya sendiri biasanya bulan Juni Juli. Nah, memang tidak ada yang tahu pasti kapan tanggal pendaftaran STAN sebelum ada pengumuman resmi, namun temen-temen bisa memprediksi kira-kira kapan pendaftaran tersebut. Tentang prasyarat dan syarat pendaftaran biasanya tidak terlalu beda dengan tahun tahun yang lalu. Jadi, disini saya sertakan pengumuman tahun lalu agar temen-temen bisa memprediksi kira-kira apa saja yang dibutuhkan untuk pendaftaran. Pengumuman di bawah ini sudah sangat lengkap kira-kira apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar.
Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan menerima putra dan putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dengan Spesialisasi sebagai berikut:
1.  Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
2.  Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Pajak
A.  SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
1.  Berijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau yang sederajat untuk semua bidang keahlian/jurusan.
2.  Nilai rata-rata pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan.
3.  Nilai Bahasa Inggris pada ijazah minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) [bagi lulusan 2010 atau
sebelumnya adalah nilai ujian tertulis (bukan praktik)].
4.  Bagi  pendaftar  yang  menggunakan  ijazah  dari  sekolah  di  luar  negeri,  ijazah  yang bersangkutan harus disahkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Apabila nilai dalam ijazah  tidak berupa angka, ijazah tersebut harus dilampiri surat keterangan dari sekolah yang bersangkutan tentang nilai rata-rata dalam angka dengan skala 10.
5.  Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah tidak kurang dari 17 tahun pada tanggal 30 September 2011 dan tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September
2011.
6.  Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas dari narkoba (narkotika dan obat terlarang).
7.  Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
8.  Khusus  untuk  Program  Diploma  I   Keuangan  Spesialisasi  Kepabeanan  dan  Cukai, ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
a.  Berjenis kelamin laki-laki;
b.  Tinggi badan minimal 165 cm;
c.  Tidak buta warna;
d.  Bagi  yang  memiliki  mata  minus,  tingkat  minus  mata  yang  diperbolehkan  maksimal adalah minus 3.
9.  Menyetor biaya pendaftaran USM sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah).
B.  TATA CARA PENDAFTARAN
1.  Tahapan pendaftaran meliputi:
a.  pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasi);
b.  pengiriman berkas pendaftaran;
c.  penyetoran    biaya    pendaftaran    setelah    calon    peserta    dinyatakan    lolos    seleksi administrasi; dan
d.  pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU).
2.  Calon peserta hanya dapat melakukan pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasi)
melalui situs http://usm.stan.ac.id  pada tanggal 8 s.d. 17 Juli 2011.
3.  Berkas yang harus dikirimkan oleh calon peserta:
a.  hasil cetak formulir pendaftaran online yang telah diisi secara lengkap dan ditempel pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm;
b.  satu lembar fotokopi ijazah atau ijazah sementara/SKL/SKHU (bagi lulusan tahun 2011
yang pada saat pendaftaran belum memperoleh ijazah) yang telah dilegalisasi oleh
Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang;
c.  satu lembar fotokopi rapor tahun terakhir (Kelas XII Semester Ganjil dan Semester
Genap) yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang.
4.  Berkas sebagaimana butir 3 di atas dikirimkan dalam amplop tertutup via pos kilat khusus
mulai tanggal 8 s.d. 18 Juli 2011 (cap pos) kepada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru
STAN Tahun 2011 dengan alamat PO BOX STAN JKS 12000.
5.  Pengumuman hasil seleksi administrasi dan jadwal pengambilan BPU bagi calon peserta ujian dapat dilihat melalui situs http://usm.stan.ac.id  pada tanggal 29 Juli 2011.
6.  Calon  peserta  yang  lolos  seleksi  administrasi  dapat  melakukan  pembayaran  biaya
pendaftaran sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) ke rekening Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN pada Bank Mandiri nomor 128-00-0554888-5, dengan ketentuan sebagai berikut:
a.  setoran dapat dilakukan di setiap bank umum;
b.  periode penyetoran adalah tanggal 29 Juli s.d. 5 Agustus 2011 (sebelum pengambilan
BPU);
c.  bukti setor harus atas nama calon peserta ujian;
d.  panitia tidak menerima bukti setor kolektif;
e.  bukti setor harus disahkan/divalidasi petugas bank (tidak melalui ATM, Phone Banking, Internet Banking, dan lain-lain);
f.    uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun.
7.  Setelah melakukan pembayaran, calon peserta melakukan pengambilan sendiri BPU (tidak dapat diwakilkan) di lokasi ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebagaimana
butir 5 dengan:
a.  menunjukkan hasil cetak formulir pendaftaran online;
b.  menyerahkan bukti setor bank yang asli;
c.  menyerahkan  pasfoto  yang  sama  dengan  yang  ditempel  pada  formulir  pendaftaran ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 lembar; dan
d.  menunjukkan bukti diri asli yang berfoto (ijazah/KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar).
8.  Pendaftar yang tidak memenuhi ketentuan butir 1 s.d. 7 di atas tidak akan dilayani dan dianggap gugur.
9.  Tempat pengambilan BPU sesuai dengan pilihan lokasi Tes Potensi Akademik (TPA) dan
Tes Bahasa Inggris (TBI) sebagai berikut:
No.
Lokasi TPA dan TBI
Alamat Pengambilan BPU
1
Jakarta
Kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan
2
Banda Aceh
Kanwil Ditjen Pajak (DJP) AcehGedung Keuangan Negara (GKN) Jl. Tgk. Chik Di Tiro Banda Aceh
3
Medan
Balai Diklat Keuangan (BDK) Medan Gedung Keuangan Negara (GKN) II Lt. V Jl. Diponegoro 30A Medan
4
Padang
Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Sumatera Barat dan JambiJl. Pemuda 49 Padang
No.
Lokasi TPA dan TBI
Alamat Pengambilan BPU
5
Pekanbaru
Balai Diklat Keuangan (BDK) PekanbaruJl. Pepaya No 77 (Eks BPKP) Pekanbaru
6
Jambi
Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi JambiJl. Mayjen M. Yoesoef Singadikane 45 Jambi
7
Bengkulu
Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi BengkuluJl. Adam Malik (d.h. P. Natadireja 271) Km. 8 Bengkulu
8
Palembang
Balai Diklat Keuangan (BDK) PalembangJl. Suka Bangun II Kec. Sukarami Palembang
9
Bandar Lampung
Perwakilan Kementerian Keuangan LampungKanwil Ditjen Pajak (DJP) Bengkulu Lampung
Jl. Pangeran Emir M. Nur No. 5A Bandar Lampung
10
Cimahi
Balai Diklat Keuangan (BDK) CimahiJl. Gado Bangkong No. 111 Cimahi
11
Semarang
Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Jawa Tengah I Jl. Imam Bonjol No.1D, Semarang
12
Yogyakarta
Balai Diklat Keuangan (BDK) YogyakartaJl. Solo Km. 11, Kalasan, Sleman, Yogyakarta
13
Surabaya
Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi JawaTimur
Gedung Keuangan Negara (GKN) Surabaya I Jl. Indrapura 5 Surabaya
14
Malang
Balai Diklat Keuangan (BDK) MalangJl. Jend. A. Yani Utara No. 200 Malang
15
Denpasar
Balai Diklat Keuangan (BDK) DenpasarGedung Keuangan Negara (GKN)
Jl. Dr. Kusumaatmadja 19 Renon Denpasar
16
Mataram
Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi NusaTenggara Barat
Jl. Majapahit No. 10 Mataram
17
Kupang
Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai(KPPBC) Tipe A3 Kupang
Jl. M. Praja No. 2 Tenau Kupang
18
Pontianak
Balai Diklat Keuangan (BDK) PontianakJl. Sultan Abdurrahman 31 Pontianak
19
Banjarmasin
Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Kalimantan Selatan dan TengahJl. A. Yani Km. 6,7 Banjarmasin
20
Balikpapan
Balai Diklat Keuangan (BDK) BalikpapanJl. MT Haryono Dalam RT 84 No. 39A Balikpapan
21
Manado
Balai Diklat Keuangan (BDK) ManadoJl. Mapanget Km. 0,5 Paniki Dua Manado
22
Palu
Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi SulawesiTengah
Jl. Tanjung Dako 15 Palu
23
Makassar
Balai Diklat Keuangan (BDK) MakassarKomplek Perkantoran Gedung Keuangan Negara (GKN) Jl. Urip Sumoharjo Km. 4 Makassar
24
Ambon
Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi MalukuJl. Pitu Ina No. 7 Karang Panjang Ambon
25
Sorong
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama SorongJl. Jend. Sudirman 26 Sorong
26
Jayapura
Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Papua dan MalukuJl. Raya Abepura Kotaraja Jayapura
10. Panduan  pendaftaran  secara  lengkap  dapat  dilihat  pada  situs  http://www.depkeu.go.id, http://bppk.depkeu.go.id, dan http://www.stan.ac.id.
C.  PELAKSANAAN UJIAN
1.  Ujian akan dilaksanakan dengan sistem gugur yang terdiri atas:
a.  TPA dan TBI tanggal 21 Agustus 2011 di lokasi sebagai berikut:
1.
Jakarta
10.
Cimahi
19.
Banjarmasin
2.
Banda Aceh
11.
Semarang
20.
Balikpapan
3.
Medan
12.
Yogyakarta
21.
Manado
4.
Padang
13.
Surabaya
22.
Palu
5.
Pekanbaru
14.
Malang
23.
Makassar
6.
Jambi
15.
Denpasar
24.
Ambon
7.
Bengkulu
16.
Mataram
25.
Sorong
8.
Palembang
17.
Kupang
26.
Jayapura
9.
Bandar Lampung
18.
Pontianak


b.  Tes Kesehatan dan Kebugaran tanggal 3 s.d. 8 Oktober 2011 di lokasi sebagai berikut:
1.     Jakarta                           5.      Malang
2.     Medan                            6.      Denpasar
3.     Palembang                     7.      Makassar
4.     Yogyakarta                     8.      Jayapura
c.  Assessment tanggal 24 s.d. 30 Oktober 2011 di lokasi yang akan diumumkan kemudian.
2.  TPA  dan  TBI  dilaksanakan  secara  serentak  di  seluruh  lokasi  ujian  mulai  jam  08.30
WIB/09.30 WITA/10.30 WIT.
3.  Pada saat ujian peserta harus membawa:
a.  BPU dan kartu identitas diri asli yang berfoto (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar);
b.  pensil 2B, penghapus, ballpoint, dan perlengkapan ujian lain yang diperlukan.
4.  Peserta ujian yang tidak hadir dan/atau tidak mampu menempuh ujian dengan alasan apa pun pada waktu, hari, tanggal, dan tempat yang telah ditentukan dinyatakan gugur.
D.  PENGUMUMAN HASIL UJIAN
1.  Hasil ujian akan diumumkan sebagai berikut:
a.  TPA dan TBI tanggal 29 September 2011;
b.  Tes Kesehatan dan Kebugaran tanggal 17 Oktober 2011; dan c.   Assessment tanggal 17 November 2011.
2.  Pengumuman  hasil  tes  dapat  dilihat  di  tempat  pengambilan  BPU  atau  pada  situs
http://www.depkeu.go.id, http://bppk.depkeu.go.id, dan http://www.stan.ac.id.
E.  PENDIDIKAN
1.  Lama pendidikan untuk Program Diploma I adalah dua semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap akhir semester akan dikeluarkan dari pendidikan.
2.  Pendidikan Program Diploma I diselenggarakan di Kampus STAN Bintaro dan/atau Balai
Diklat Keuangan di daerah.
3.  STAN tidak memungut uang kuliah selama mengikuti pendidikan.
4.  Lulusan Program Diploma I Keuangan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri
Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat   maupun  di  daerah  sesuai  dengan  formasi  yang  tersedia  pada  tahun  yang bersangkutan berdasarkan peraturan kepegawaian yang berlaku.
F.  LAIN-LAIN
1.  Semua biaya (pengiriman berkas, transaksi bank, transportasi, pemondokan, dan lain-lain) yang dikeluarkan dalam rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian menjadi tanggungan peserta.
2.  Dalam proses penerimaan mahasiswa ini, tidak diadakan surat-menyurat dan tidak ada dispensasi dalam bentuk apa pun.
3.  Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan.
4.  Keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat.
5.  Apabila peserta ujian memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan di kemudian hari  diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah menjadi mahasiswa,
Kementerian Keuangan berhak membatalkan kelulusan USM dan/atau mengeluarkan yang
bersangkutan dari pendidikan.
6.  Apabila terdapat informasi yang dianggap kurang jelas atau terdapat masalah yang terkait dengan  proses pendaftaran, calon peserta dapat menghubungi Panitia Pelaksana Pusat USM  STAN  Jl.   Bintaro  Utama  Sektor  V,  Bintaro  Jaya,  Tangerang  Selatan,  telepon (021)  35999960  -  63,   e-mail:   usm@stan.ac.id, gtalk:   usm@stan.ac.id, dan  twitter:
@usmstan pada hari dan jam kerja.
Di kolom sebelah kanan tulisan ini ada beberapa artikel yang saya tulis, sengaja untuk sedikit menginformasikan tentang STAN lebih detail. Sedikit tips, kalau temen-temen mau lebih detail tentang STAN, silahkan hubungi mahasiswa STAN, baik itu adalah saudara, temen baik, kakak kelas, maupun tentangga. Nah kalau caranya begitu dia bakal lebih enak buat menjelaskan detailnya. :)
TAHAPAN TES
NO.
KEGIATAN
TANGGAL
Keterangan
1
Pendaftaran Online
24 Maret - 24 April 2012

2
Registrasi Ulang pendaftaran Online
25 - 27 dan 30 April 2012 (Sabtu dan Minggu Tutup)
- lokasi registrasi ulang di kampus STSN pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB
- membawa kartu identitas (KTP / Kartu Pelajar), Hasil Cetak Pendaftaran Online, 2 lembar foto 4 x 6
3
Seleksi Tahap I : Tes Akademik
9 Mei 2012
- Ujian tertulis Tes Potensi Akademik, Matematika Dasar, Bahasa Inggris dan Fisika
- Lokasi Tes di Bangunan Serbaguna Komplek GOR Ragunan
4
Pengumuman Seleksi Tahap I : Tes Akademik
16 Mei 2012
Website STSN
5
Seleksi Tahap II : Tes Psikologi
23 - 24 Mei 2012
- Ujian Tes Psikologi
- Lokasi tes Psikologi di Kampus STSN
- Membawa Kartu Peserta Ujian dan Identitas Asli
6
Pengumuman Seleksi Tahap II
5 Juni 2012
Website STSN
7
Seleksi Tahap III : Seleksi Administrasi
6 - 8 Juni 2012
- Seleksi administrasi berupa verifikasi berkas peserta
- Lokasi di Kampus STSN
8
Pengumuman Seleksi Tahap III
9 Juni 2012
Website STSN
9
Seleksi Tahap IV-A : Tes Kesehatan
14 - 15 Juni 2012
Lokasi tes Kesehatan di Kampus STSN
10
Seleksi Tahap IV-B : Tes Kebugaran (samapta)
18 - 19 Juni 2012
Lokasi tes Kebugaran di Kampus STSN
11
Pengumuman Seleksi Tahap IV-A dan IV-B
26 Juni 2012
Website STSN
12
Seleksi Tahap V-A : Tes Tertulis CT dan MI  
28 Juni 2012
Lokasi tes V-A di Kampus STSN
13
Seleksi Tahap V-B : Wawancara
29 Juni 2012 dan 2, 3, 4 Juli 2012
Lokasi tes V-B di Kampus STSN
14
Pengumuman Seleksi Tahap V-A dan V-B
7 Juli 2012
Website STSN
15
Seleksi Tahap VI : Pantukhir
13 Juli 2012
Lokasi Pantukhir di Kampus STSN
16
Pengumuman Seleksi Tahap VI


17
Daftar Ulang Calon Mahasiswa yang diterima 



  SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT
                                (STTD)

Jalan Raya Setu km 3,5 Cibuntu, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat
PO BOX 153 Bekasi. Telp/Fax (021) 8254640
Email : STTD@Bekasi.Wasantara.net.id

F ASILITAS DIKLAT
Kampus, Ruang Kuliah, Ruang Praktek, Media Pengajaran, Taruna STTD diasramakan dan Taruna STTD tidak dipungut uang kuliah.

PERSYARATAN PESERTA DIKLAT PROGRAM DIII LLAJ
1. Syarat-syarat pendaftaran :
· WNI yang bertaqwa kepada Tuhan YME
· Umur max 23 tahun pada saat pendaftaran
· Tinggi min 165 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita
· Berkelakuan baik dan bebas narkotik
· Berbadan sehat
· Berijazah SMU/MA IPA, STM jurusan Mesin, Otomotif, dan Bangunan
· Nem min 3 untuk Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris
· Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
· Membayar uang pendaftaraan
· Lulus seleksi adminitrasi, akademik, kesehatan, pykotest dan wawancara
· Rekomendasi dari Pemerintahan Daerah/Perusahaan sangat diharapkan
2. Cara Pendaftaran :
Mengisi fomulir pendaftaran dengan melampirkan :

a. Fotokopi NEM dan Ijazah SMU yang telah dilegalisir
b. Keterangan dokter berbadan sehat/tinggi badan
c. SKKB dari Kepolisian Resort setempat
d. Surat Keterangan belum menikah dari kelurahan
e. Fotokopi Akte Kelahiran yang sudah dilegalisir
f. Tanda pembayaran pendaftaran
g. Pas foto terbaru
3. Waktu dan Tempat Pendaftaran :
a. Waktu pendaftaran setiap tahun ajaran baru bulan Juni
b. Tempat pendaftaran :
· Kanwil Departemen Perhubungan, Jalan Jemur Andayani 6 (dekat BRI A.Yani) untuk wilayah Jawa Timur
· STTD, Jalan Raya Setu km 3,5 Cibuntu, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat
AKADEMI SANDI NEGARA
PROGRAM PENDIDIKAN
AHLI MADYA SANDI (DIII)
Akademi Sandi Negara (Aksara) adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah pembinaan Lembaga Sandi Negara dan Dirjen Dikti Depdiknas. Aksara menyelenggarakan program pendidikan ahli madya sandi dan didirikan berdasarkan SK. Ketua Lembaga Sandi Negara No. 078.II.4.74 tanggal 16 Februari 1974 dan kemudian dikuatkan dengan pengakuan Depdikbud melalui SK. Mendikbud No. 0135/U/1975 tanggal 1 Juli 1975.
Program pada Aksara ini dapat diikuti oleh siswa lulusan SMU jurusan IPA dengan status mahasiswa ikatan dinas dan pegawai instansi pemerintah dengan status mahasiswa tugas belajar.

Mahasiswa Aksara selama mengikuti pendidikan tidak dikenakan biaya pendidikan dan diasramakan. Mahasiswa Aksara denga ststus ikatan dinas, pada tahun pertama kuliah ( Tingkat 1 ) diberi tunjangan ikatan dinas. Pada tahun kedua (Tingkat 2), diangkat menjadi CPNS dengan pangkat/ golongan Pengatur Muda TK.I (II/a) dan dipekerjakan dilingkungan persandian RI.

SISTEM PENDIDIKAN, BEBAN DAN LAMA STUDI
Perkuliahan diselenggarakan secara intensif dengan sistem kredit semester (SKS). Beban studi yang harus diselesaikan adalah 120 SKS dan ditempuh selama 3 tahun.

Pada tahun pertama, bagi mahasiswa yang tidak lulus ujian akhir semester (UAS), dinyatakan drop out (DO) dan tidak bisa meneruskan pendidikan.
Pada tahun kedua atau ketiga, bagi mahasiswa yang tidak lulus UAS hanya diberi kesempatan 1 (satu) kali untuk mengulang pada 2 (dua) angkatan berikutnya. Selama masa menunggu, yang bersangkutan akan dipekerjakan pada Lembaga Sandi Negara.

PERSYARATAN
Persyaratan untuk menjadi mahasiswa Aksara yang ditetapkan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru sebagai berikut :
A. PERSYARATAN UMUM
1. WNI, pria maupun wanita.
2. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan SKKB dari POLRI.
3. Berbadan sehat yang dinyatakan dengan surat keterangan dokter.
4. Sanggup bekerja pada bidang persandian.
5. Lulus tes psiko, akademik, wawancara dan kesehatan antara lain tes kesehatan bebas narkoba yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara.
B. PERSYARATAN KHUSUS
1. Asal calon mahasiswa :
1.1. Umum, yaitu tamatan SMU jurusan IPA dengan nilai pada ijazah rata-rata 6,5 dan matematika 7 ; atau NEM minimal 42,00.
1.2. Pegawai/TNI/POLRI dari unit teknis persandian (UTP) Instansi Pemerintah, memiliki ijazah pendidikan Sandiman (Ahli Sandi Tk. II) dengan baik dan pendidikan serendah-rendahnya SMU jurusan IPA dengan nilai mata pelajaran Matematika dalm STTB/Ijazah/Transip Nilai minimal 7 (tujuh), dapat masuk langsung pad semester II tingkat I setelah dinyatakan lulus tes/seleksi
2. Usia
2.1. Umum, berusia minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun per September pada tahun pendaftaran
2.2. Pegawai/TNI/POLRI dengan status Tugas Belajar, berusia maksimal 35 tahun dan sekurang-kurangnya telah bekerja 2 (dua) tahun tanpa terputus, berkonditue baik dan harus diusulkan oleh atasan/instansi yang berwenang.
PENDAFTARAN
Pendaftaran mahasiswa baru diselenggarakan tiap tahun setelah pelaksanaan Ebtanas SMU. Formulir pendaftran dapat diperoleh di kantor Lembaga Sandi Negara Jl. Harsono RM No. 70 Ragunan Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12550 ( + 200 meter dari pintu masuk kebun binatang Ragunan) telp. 021-7805814 dengan waktu pendaftaran setiap hari kerja dan jam kerja (09.00-15.00 WIB).
Adapun tata cara pendaftaran sbb :
1. Membawa surat lamaran yang ditulis dengan tangan sendiri dilampiri :
1.1. Fotocopy STTB/Ijazah/Transkrip Nilai dan NEM yang telah dilegalisir.
1.2. SKKB dari POLRI
1.3. Surat keterangan Sehat dari dokter pemerintah atau dinas kesehatan.
1.4. Surat pernyataan orang tua/wali yang menyatakan Calon belum menikah.
1.5. Pas foto ukuran 3x4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar.
2. Membayar biaya pendaftaran mahasiswa baru sebesar Rp. 50.000,00
UJIAN SARINGAN MASUK
Ujian saringan masuk diadakan beberapa tahap dan hanya diadakan di Jakarta, dengan jumlah peserta dibatasi 750 orang.

Materi Ujian sebagai berikut :
1. Ujian Tahap I, meliputi :
1.1. Tes Akademik :Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum
1.2. Tes Psiko I.
2. Ujian Tahap II, meliputi :
2.1. Tes Psiko II.
2.2. Wawasan Kebangsaan.
3. Ujian Tahap III : Tes Kesehatan
4. Ujian Tahap IV : Wawancara





PERJANJIAN IKATAN DINAS
Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Ujian Saringan Masuk dan diterima sebagai mahasiswa Aksara diwajibkan menandatangani Perjanjian Ikatan Dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

FASILITAS
Kampus Aksara berada di Pusdiklat Bumi Sanapati di daerah Parung Bogor yang dilengkapi dengan fasilitas :
1. Asrama
2. Laboratorium Komputer
3. Laboratorium Bahasa
4. Laboratorium Elektronika
5. Laboratorium Sandi
6. Perpustakaan
7. Musholla
8. Kapel
9. Fasilitas Olah Raga

PUSDIKLAT BUMI SANAPATI
Jl. Raya Haji Usa Desa Putat Nutug, Ciseeng, Parung Bogor 16330
Telepon : 0251- 542021
Faksimil : 0251-541825
Alamat surat : PO. BOX 1946/Sawangan Bogor 16500
E-mail : sanapati@indo.net.id                 
     
TAHAPAN TES
NO.
KEGIATAN
TANGGAL
Keterangan
1
Pendaftaran Online
24 Maret - 24 April 2012

2
Registrasi Ulang pendaftaran Online
25 - 27 dan 30 April 2012 (Sabtu dan Minggu Tutup)
- lokasi registrasi ulang di kampus STSN pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB
- membawa kartu identitas (KTP / Kartu Pelajar), Hasil Cetak Pendaftaran Online, 2 lembar foto 4 x 6
3
Seleksi Tahap I : Tes Akademik
9 Mei 2012
- Ujian tertulis Tes Potensi Akademik, Matematika Dasar, Bahasa Inggris dan Fisika
- Lokasi Tes di Bangunan Serbaguna Komplek GOR Ragunan
4
Pengumuman Seleksi Tahap I : Tes Akademik
16 Mei 2012
Website STSN
5
Seleksi Tahap II : Tes Psikologi
23 - 24 Mei 2012
- Ujian Tes Psikologi
- Lokasi tes Psikologi di Kampus STSN
- Membawa Kartu Peserta Ujian dan Identitas Asli
6
Pengumuman Seleksi Tahap II
5 Juni 2012
Website STSN
7
Seleksi Tahap III : Seleksi Administrasi
6 - 8 Juni 2012
- Seleksi administrasi berupa verifikasi berkas peserta
- Lokasi di Kampus STSN
8
Pengumuman Seleksi Tahap III
9 Juni 2012
Website STSN
9
Seleksi Tahap IV-A : Tes Kesehatan
14 - 15 Juni 2012
Lokasi tes Kesehatan di Kampus STSN
10
Seleksi Tahap IV-B : Tes Kebugaran (samapta)
18 - 19 Juni 2012
Lokasi tes Kebugaran di Kampus STSN
11
Pengumuman Seleksi Tahap IV-A dan IV-B
26 Juni 2012
Website STSN
12
Seleksi Tahap V-A : Tes Tertulis CT dan MI  
28 Juni 2012
Lokasi tes V-A di Kampus STSN
13
Seleksi Tahap V-B : Wawancara
29 Juni 2012 dan 2, 3, 4 Juli 2012
Lokasi tes V-B di Kampus STSN
14
Pengumuman Seleksi Tahap V-A dan V-B
7 Juli 2012
Website STSN
15
Seleksi Tahap VI : Pantukhir
13 Juli 2012
Lokasi Pantukhir di Kampus STSN
16
Pengumuman Seleksi Tahap VI


17
Daftar Ulang Calon Mahasiswa yang diterima 





        SEKOLAH TINGGI ILMU PELAYARAN
           MARITIME HIGHER EDUCATION

Jalan Gunung Sahari - Mangga Dua Ancol
P.O.Box 1163 Jakarta 10011
Telp:(021)6392321-639120, Fax:(021)6260731
Homepage : http://www.stipjakarta.com
E-mail : plapjkt@pacific.net.id

PERSYARATAN UMUM
Syarat-syarat pendaftaran :
· WNI yang bertaqwa kepada Tuhan YME
· Umur max 23 tahun pada saat pendaftaran
· Tinggi min 165 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita
· Berkelakuan baik dan bebas narkotik
· Berbadan sehat
· Nem min 3 untuk Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris
· Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
· Membayar uang pendaftaraan
· Lulus seleksi adminitrasi, akademik, kesehatan, pykotest dan wawancara

PROGRAM DIPLOMA IV (D IV)
· Lama Pendidikan : 8 - 14 semester
· Jurusan :
1. Nautika
2. Teknika
3. Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan

CARA PENDAFTARAN
Mengisi fomulir pendaftaran dengan melampirkan :
· Fotokopi NEM dan Ijazah SMU/sederajat yang telah dilegalisir
· Keterangan dokter berbadan sehat/tinggi badan
· SKKB dari Kepolisian Resort setempat
· Surat Keterangan belum menikah dari kelurahan
· Fotokopi Akte Kelahiran yang sudah dilegalisir
· Tanda pembayaran pendaftaran
· Pas foto terbaru
· Waktu dan Tempat Pendaftaran :
c. Waktu pendaftaran setiap tahun ajaran baru bulan Juni
d. Tempat pendaftaran :
· Kampus STIP Jalan Gunung Sahari - Mangga Dua Ancol 

Biaya Kursus Singkat / Diklat Keterampilan Pelaut

  DAFTAR DIKLAT KETERAMPILAN PELAUT / SHORT COURSE
 No. 
Jenis Diklat
Waktu Pelaksanaan
     Biaya        
Keterangan
 1.
Basic Safety Training (BST)
8 Hari
Rp.1.000.000,- Min 25 peserta
 2.
SURVIAVAL CRAFT AND RESCUE  BOAT (SCRB)
3 Hari
Rp. 595.000,- Min 25 Peserta
 3.
ADVANCED FIRE FIGHTING (AFF) 
4 Hari
Rp. 695.000,- Min 25 peserta
 4.
MEDICAL FIRST AID (MFA)
3 Hari
Rp. 420.000,- Min 25 peserta
 5.
MEDICAL CARE (MC)
4 Hari
Rp. 500.000,- Min 25 peserta
 6.
TANKER FAMILIRIZATION (TF)
4 Hari
Rp. 595.000,- Min 25 peserta
7.
Oil Tanker Training (OT)
5 Hari
Rp. 745.000,- Min 25 peserta
8.
Chemical Tanker Training Programme (CTTP)
5 Hari
Rp. 750.000,- Min 25 peserta
9.
Liquified Gas Tanker (LGT)
5 Hari
Rp. 780.000,- Min 15 peserta
10.
Radar Simulator
4 Hari
Rp. 1.020.000,- Min 15 peserta
11.
Arpa Simulator
4 Hari
Rp. 1.020.000,- Min 15 peserta
12.
Global Maritime Distress and Safety System (GMDSS)
17 Hari
Rp. 2.520.000,- Min 10 peserta
13.
Ship Security Officer (SSO)
3 Hari
Rp. 670.000,- Min 15 peserta
14.
Company Security Officer (CSO)
3 Hari
Rp. 720.000,- Min 15 peserta
15.
PortFacility Security Officer (PFSO)
5 Hari
Rp. 720.000,- Min 15 peserta
16.
Familiarization Safety Officer (FST) / Off Shore
3 Hari
Rp. 720.000,- Min 15 peserta
17.
Crowd and Crysis Management Training (CCM)
3 Hari
Rp. 795.000,- Min 10 peserta
18.
Fast Rescue Boat Training
4 Hari
Rp. 1.800.000,- Min10 peserta
19.
International Maritime Dangerous Goods (IMDG) Code
4 Hari
Rp. 1.275.000,- Min 10 peserta
20.
International Code of Chemical (IBC) Code
4 Hari
Rp. 1.175.000,- Min 10 peserta
21.
International Code of Safe Practice for Solid Bulk Caroes (BCode)
5 Hari
Rp. 1.125.000,- Min 10 peserta
22.
Passanger Safety Course (PSC)
12 Hari
Rp. 2.020.000,- Min 10 peserta
23.
Ballast Water Management
5 Hari
Rp. 2.020.000,- Min 10 peserta
24.
Health and Safety Course (HSC)
5 Hari
Rp. 1.100.000,- Min 15 peserta
25.
Shipping Agent Course
5 Hari
Rp. 1.300.000,- Min 10 peserta
26.
Procedures Export Import Course
5 Hari
Rp. 1.300.000,- Min 10 peserta
27.
International Trading Course
5 Hari
Rp. 1.300.000,- Min 10 peserta
Biaya Diklat Keahlian Pelaut (Upgrading)
Berikut di lampirkan daftar biaya diklat ANT/ATT - I / II / III  :
Program Diklat Pelaut Nautika
Jenis Diklat
Waktu Pelaksanaan
Biaya
Keterangan
Diklat Pelaut I (ANT I)
4 bulan/18 minggu (540 jam)
Rp. 11.000.000
1 Tahap
Diklat Pelaut - II (ANT II)
9 bulan/32 minggu (1176 jam)
Rp. 12.350.000

2 Tahap
D. IV Lanjutan (ANT II) Refreshing
20 Hari / 4 Minggu (120 jam)
Rp. 1.600.000

1 Tahap
Diklat Pelaut - III (ANT III)
9 bulan / 32 minggu (1184 jam)
Rp. 11.700.000

2 Tahap
Diklat Pelaut - Dasar (ANT-D)
Dengan pengalaman Berlayar
1 (satu) bulan / 395 jam
Rp. 2.000.000
Waiting for Aprroval
Diklat Pelaut - Dasar (ANT-D)
Tanpa Pengalaman Berlayar
3 bulan / 395 jam
Rp. 5.000.000
Waiting for Aprroval



Program Diklat Pelaut Teknika
Jenis Diklat
Wktu Pelaksanaan
Biaya
Keterangan
Diklat Pelaut - I (ATT I) 4 bulan/18 minggu (516 jam)
Rp. 11.000.000
1 Tahap
Diklat Pelaut - II (ATT II) 9 bulan/32 minggu (1376 jam)
Rp. 12.350.000
2 Tahap
D. IV Lanjutan (ATT II) Refresing 20 Hari / 4 Minggu (120 jam) Rp. 1.600.000
1 Tahap
Diklat Pelaut - III (ATT III) 9 bulan / 32 minggu (1312 jam)
Rp. 11.700.000
2 Tahap
Diklat Pelaut - Dasar (ATT-D) Dengan pengalaman Berlayar 1 (satu) bulan / 146 jam Rp. 2.000.000
Waiting for Aprroval
Diklat Pelaut - Dasar (ATT-D) Tanpa Pengalaman Berlayar 3 bulan / 437 jam Rp. 5.000.000
Waiting for Aprrova

Kesempatan Kerja

STIP telah berhasil mencetak SDM di bidang kelautan di segala bidang profesi :
NAUTIKA

1.Perwira diatas kapal milik Perusahaan Pelayaran Asing
dan Domestik
2.Industri Pelayaran
3.On Shore / Off Shore
4.Instansi Pemerintah
5.TNi / POLRI
6.Biro Klasifikasi Asing dan Domestik

TEKNIKA
1.Perwira diatas kapal milik Perusahaan Pelayaran Asing
dan Domestik
2.Industri Pelayaran
3.On Shore / Off Shore
4.Instansi Pemerintah
5.TNi / POLRI
6.Biro Klasifikasi Asing dan Domestik
7.Industri Permesinan
8.Perhotelan

KETATALAKSANAAN DAN KEPELABUHANAN
1.Pemegang kendali atas pelabuhan-pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia
2.Perhotelan
3.Perusahaan Pelayaran Nasional dan Internasional, BUMN dan Instansi Pemerintah dan Swasta yang bergerak di bidang :
  • Export / Import
  • Surveyor
  • Asuransi Maritim
  • Freight forwarder
  • Logistic
  • Bongkar Muat
  • Dan lain sebagainya

 BADAN METEOROLOGI DAN GEOFISIKA
 AKADEMI METEOROLOGI DAN GEOFISIKA
                               (AMG)

PROGRAM DIKLAT YANG DISELENGGARAKAN AMG
Program Diploma Tiga terdiri dari :
1. Jurusan Meteorologi
2. Jurusan Geofisika
3. Jurusan Teknik Meteorologi dan Geofisika
4. Jurusan Klimatologi (sedang dipersiapkan)

FASILITAS DIKLAT
Kampus, Ruang Kuliah, Ruang Praktek, Media Pengajaran, Taruna AMG tidak diasramakan dan Taruna AMG tidak dipungut uang kuliah.

PERSYARATAN MASUK SAAT INI
1. Syarat-syarat pendaftaran :
a. WNI yang bertaqwa kepada Tuhan YME
b. Umur max 23 tahun pada saat pendaftaran (fotokopi akte kelahiran yang dilegalisir)
c. Tinggi min 163 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita
d. Berkelakuan baik (SKKB) dan bebas narkotik
e. Berbadan sehat
f. Berijazah SMU/MA IPA, STM jurusan Listrik/Elektronika
g. Nem min 3 untuk Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris
h. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan (surat keterangan belum menikah dari kelurahan)
i. Membayar uang pendaftaraan
j. Lulus seleksi adminitrasi, akademik, kesehatan, pykotest dan wawancara
2. Sanggup menanggung biaya pendidikan :
Uang OSPEK, Uang Seragam, Uang kesehatan per tahun
3. Cara Pendaftaran :
Mengisi fomulir pendaftaran dengan melampirkan :
a. Fotokopi NEM dan Ijazah SMU yang telah dilegalisir
b. Keterangan dokter berbadan sehat/tinggi badan
c. Tanda pembayaran pendaftaran
d. Pas foto terbaru
e. Persyaratan masuk saat ini dari butir 1b, 1d, 1h
4. Waktu dan Tempat Pendaftaran :
a. Waktu pendaftaran setiap tahun ajaran baru bulan Juni
b. Tempat pendaftaran :
- AMG, Jalan Raya Pondok Betung Komp. BMG, Bintaro Jakarta Selatan
- Kanwil Departemen Perhubungan, Jalan Jemur Andayani 6 (dekat BRI A.Yani) untuk wilayah Jawa Timur

LULUSAN DAN KOMPETENSI
1. Taruna yang dinyatakan lulus akan diberikan ijazah sesuai dengan program yang ditempuh
2 a. Lulusan akan diangkat sebagai CPNS pada instansi BMG
b. Program D3 jurusan Meteorologi dan Geofisika diangkat menjadi CPNS pengatur muda tk I (Gol II/b)
                 BIRO PUSAT STATISTIK
           SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK
                            ( S T I S )

Jalan Otto Iskandardinata 64 C, Jakarta 13330
Telp. (021) 8191437, 8197577, Fax 8197577
E-mail : stis@jakarta.wasantara.net.id

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM D IV
TAHUN AKADEMIK 2002 / 2003

PERSYARATAN UMUM
Syarat-syarat pendaftaran :
· WNI yang bertaqwa kepada Tuhan YME
· Umur max 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2002
· Berkelakuan baik dan bebas narkotik
· Berbadan sehat
· Berijazah SMU/MA IPA dan sederajat dimana ilmu pasti sebagai pelajaran utama
· Nilai Matematika dan Bahasa Inggris pada STTB minimal 7 atau nilai rapor Cawu III minimal 7
· Tidak sedang menjalani ikatan dinas dengan instansi pemerintah maupun swasta
· Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
· Mengisi formulir pendaftaran, membayar biaya penyelenggaraan
· Bersedia menandatangani perjanjian ikatan dinas dengan BPS dan bersedia ditempatkan di BPS daerah seluruh wilayah Indonesia
· Lulus seleksi yang meliputi :
1.Ujian tertulis Matematika, Bahasa Inggris, Pengetahuan Umum.
2. Psikotes dan Uji Kesehatan

STATUS DAN JURUSAN
Status mahasiswa STIS adalah ikatan dinas (ID) bagi lulusan SMU
Ada dua jurusan yang ditawarkan untuk prgram D IV Statistik, yaitu
· Jurusan Statistika, dengan dua bidang konsentrasi
1. Statistik Ekonomi
2. Statistik Sosial dan Kependudukan
· Jurusan Komputasi Statistik

WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN
Waktu pendaftaran :
- DKI Jakarta : 5 Juni s.d. 13 Juli 2002
- Luar DKI Jakarta : 5 Juni s.d. 6 Juli 2002
Tempat pendaftaran :
- Kampus STIS Jalan Otto Iskandardinata no. 64 C Jakarta
- Seluruh Kantor BPS Propinsi di seluruh Indonesia (kecuali Kamtor BPS Propinsi DKI Jaya)

KEPASTIAN KERJA
Mahasiswa yang berstatus ikatan dinas (ID) menerima tunjangan ID sesuai dengan yang telah menyelesaian studinya akan langsung diterima bekerja di BPS Pusat atau cabang-cabangnya di daerah dan harus menjalani masa ikatan dinas selama 2n tahun (n adalah masa studi).

















3 komentar:

  1. Yang Kedinasan Pertanian syaratnya apa,om?

    BalasHapus
  2. PERJALANAN MENUJU KEBERHASILAN
    Salam untuk teman2 taruna yang masih berjuang, saya ismail salah satu taruna angkatan 2013/2014 ingin share ke teman2 tentang prosedur penerimaan taruna di STIP yang semakin melunjak setiap tahunnya. Kemarin saya juga seorang calon taruna sama seperti teman2 sekarang tapi dalam hal ini saya mengalami kendala tentang beberapa persyaratan untuk masuk/lulus menjadi seorang taruna di STIP ini, tanpa sengaja saya berkunjung ke rumah saudara dan akhirnya saya ketemu dengan teman om saya kebetulan teman om saya itu salah satu Panitia penerimaan taruna/Dosen di STIP akhirnya saya menjelaskan tentang kendala saya itu dan akhirnya beliau bersedia membantu saya, dan alhamdulillah pada akhirnya sayapun lulus menjadi seorang TARUNA STIP Jakarta.
    Jadi untuk teman2 yang mengalami kendala dan ingin lulus menjadi taruna di STIP silahkan langsung hubungi beliau M. Akbar Amin, M.MTr.,M.Mar : 081998580383 insya allah beliau siap membantu

    BalasHapus